-->

Manfaat Khasiat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah brotowali adalah Tinospora crispa (L.) Miers.
Brotowali memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam brotowali, di antaranya alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikoretosid, zat pahit pikroretin, palmatin, kolumbin (akar), dan kokulin (pikrotosin). Efek farmakologis brotowali, di antaranya menghilangkam sakit, penurun panas, dan melancarkan meridian.


Manfaat Brotowali


Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Pengunaannya :


Demam

Cuci bersih batang brotowali sebesar 2 jari (10 cm) lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, tambah 1 sendok makan madu, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Rematik

Cuci dan potong 1 ibu jari batang brotowali menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah tersisa 1,5 gelas; dinginkan, lalu saring. Tambahkan 1 sendok madu ke dalam air saringan lalu minum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Kudis

Cuci batang brotowali sebesar 3 jari, belerang sebesar biji kemiri, lalu tumbuk halus. Remas hasil tumbukannya dengan minyak kelapa secukupnya lalu oleskan 2 kali sehari pada bagian kulit yang kudis.

Kencing Manis

Cuci dan potong-potong 10 helai daun sambiloto, 10 helai daun kumis kucing, dan 6 cm batang brotowali. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air samapi tersisa 2 gelas. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas setelah makan.

Demikian saya jelaskan tentang manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti diatas agar selalu hidup sehat dengan cara pengobatan tradisional alami yang terbukti hasilnya.
SeeCloseComments