-->

Manfaat Khasiat Daun Murbei Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Morus alba L.
Nama daerah : Walot (Sunda); murbei, besaran (jawa); malur (batak); nagas (ambon); tambara merica (makasar).
Nama asing : mulberry (inggris), sangye (cina).

Khasiat Daun Murbei
tumbuhan murbei obat kesehatan
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Murbei memiliki rasa pahit, manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun murbei, diantaranya vitamin (A, B, dan C), kroten, acetone, mioinositul, asam fumarat, asam folat, dan phytoestrogens. Rantingnya mengandung vitamin A. Buahnya mengandung cyaniding, asam linoleat, asam stearat, asam oleat, dan vitamin (B1, B2, dan C), serta krotein. Kulit batang murbei mengndung triterpenoids (morussin, cyclomorusin, kuwanone[ A, B dan C], serta xydihydromorusin). Efek farmokologis murbei diantaranya peluruh kentut (karminatif), peredam demam, peluruuh keringat, peluruh kencing, pendingin darah, dan penerang penglihatan.

Daun murbei digunakan untuk mengobati demam, flu, malaria, batuk, sakit gigi, rrematik, sakit kulit, bisul, batuk darah akibat darah panas, darah tinggidan mengatasi gangguan pencernaaan.

Kulit akar murbei (sang bai pi) digunakan untuk mengobat sakit gigi, tidak dapat haidmbatuk berdahak, sesak napas (asma), muka bengkak, kencing yang ueri dan susah (disuria) dan cacingan.

Buah murbei di gunakan untuk mengobati darah tinggi, jantung berdebar, kencing manis, rasa haus dan mulut kering, sukar tidur (insomia), batuk berdahak, pendengaran kurang, dan penglihatan kabur, telinga berdenging, serta rambut berubah sebelum waktunya.

Ranting (sang zhi) murbei digunakan untuk mengobati rematik, tangan dan kaki terasa baal dan sakit, sakit puinggang, keram, serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun, kulit akar, buah dan ranting murbei dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Memperbanyak ASI

Masak daun murbei segar sayur, lalu makan bersama nasi.

Pembersihan darah pada bisul dan radang kulit

Cuci 1 genggam daun murbei segar, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus secara rutin.

Luka dan borok

Cuci daun murbei segar, lalu olesi dengan minyak kelapa. Layukan diatas api, lalu remas-remas. Gunakan remasan daun murbei sebagai tapel pada pada luka sebelum diberi tapel, Cuci luka terlebih dahulu dengan rebusan akar trengguling atou alcohol 70%.

Digigit ular

Cuci bersih 20 g daun murbei segar, lalu giling sampai halus. Rebus bahan dengan ½ gelas air masak selama 15 menit. Peras air rebusannya saring lalu minum airnya sekaligus. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Jantung lemah

Giling buah murbei secukupnya dengan menggunakan blender, lalu minum air jusnya sekaligus. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

Hepatitis kronis, kurang darahdan tekana darah tinggi

Cuci bersih 10 g buah murbei segar, lalu blender dengan 1 gelas air masak. Minum hasilnya sekaligus. Lakukan 2 kali sehari dengan dosis sama.

Rematik serta tangan dan kaki baal dan sakit

Rebus 15 g ranting murbei kering dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum.

Catatan :
  • Hindari pemakaian buah murbei bila sedang diare akibat dingin, adanya difiensi limpa dan lambung, dan penderita mengalami sindrom defisiensi yin.
Itulah penjelasan tentang khasiat daun murbei yang berguna untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit yang merugikan kesehatan kita yang sudah dilengkapi dengan cara penggunaannya agar mudah mempelajarinya di rumah dan semoga info yang saya berikan bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments