-->

Khasiat Daun Pacar Cina Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Aglaila odorata Lour. atau Cammunium inensis Rumph.
Nama daerah : Pacar culam (jawa), culan (sunda), pokok telur belangkas (melayu).
Nama asing : mi zi lan (cina).

Khasiat Daun Pacar Cina
pacar cina sebagai obat kesehatan
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Pacar cina memiliki rasa pedas, manis dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pacar cina, diantaraya minyak asiri, alkaloid, dammar dan garam-garam mineral. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian paru-paru, lambung, dan hati.

Efek farmokologis bunga pacra cina diantaranya, sebagai pewangi, perawatan setelah bersalin, demam, perut kembung, sukar menelan, batuk, dan pusing. Efek farmokologis daun pacar cina, diantaranya obat obat kencing nanah, menoragia, pembersih darah, penyakit kulit dan luka terpukul. Sementara itu akarnya memiliki efek farmokologis menghilangkan gatal.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga, batang, daun dan tangkai pacar cina dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Haid berlebihan

Cuci bersih 1 genggam penuh daun pacar cina, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama untuk diminum pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.

Perut kembung, susah menelan, batuk, pusing dan mempercepat persalinan

Cuci bersih 13 g bunga pacar cina, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Penghilang bau badan

Cuci bersih 10 g daun pacar cina segarr, lalu rebus dengan 2 gelas air selam 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama untuk diminum pagi dan sore hari.

Catatan :
  • Wanita hamil dilarang minum ramuan ini.
Seperti biasanya kali ini saya menjelaskan tentang khasiat daun pacar cina yang baik buat kesehatan terutama untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti di atas yang sudah saya lengkapi dengan cara-cara penggunaannya dan semoga info yang telah saya berikan bisa bermanfaat buat kita semua.
SeeCloseComments