-->

Khasiat Daun Nanas Kerang Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Rhoeo discolor (L.Her.)Hance.
Nama daerah : nanas kerang (jawa).
Nama asing : oyster plant (inggris), bang ian ye (cina).

Khasiat Daun Nanas Kerang
daun nanas kerang
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Nanas kerang mempunyai rasa manis dan bersifat sejuk. Kandungan bahan kimia dalam nanas kerang masih belum banyak diketahui. Sementara itu, efek farmokologis nanas kerang, diantaranya anti radang, memlihara paru-paru, mencairkan dahak, anti batuk, anti diare, dan membersihkan darah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga dan daun nanas kerang baik segar atou kering dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bronkhitis, batuk rejan, batuk berdahak, flu dan disentri amuba

Rebus 20-30 kuntum bunga nanas kerang dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

TBC kelenjar dan mimisan

Cuci bersih 15-30 g daun nanas kerang, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Acute bronchitis dan muntah darah

Rebus 10 helai daun nanas kerang segar atou 20-50 kuntum bunga nanas kerang kering, gula enau dan air secukupnya. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Berak darah (melena)

Rebus 10-15 helai daun nanas kerang segar atou 20-50 kuntum bung nanas kerang kering dan gula enau dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Itulah penjelasan tentang khasiat daun nanas kerang bagi kesehatan tubuh yang bisa mengobati berbagai penyakit yang bisa disebut penyakit berbahaya seperti di atas yang sudah saya lengkapi dengan cara penggunaannya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments