-->

Manfaat Khasiat Tumbuhan Cendana Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Santalum album Linn.
Nama daerah : cendana (melayu; candani, candana (jawa); chandana lakek (Madura); tindana, sindana (Dayak); candana (Bali); dana (sumba), ayu luhi (gorontalo).


Khasiat Tumbuhan Cendana
Gambar tumbuhan cendana (sumber : google.com)
Tumbuhan ini banyak orang yang tidak menegetahui khasiat yang terkandung di dalamnya kita hanya mengenal bahwa ini hanya tumbuhan dan tidak tahu akan manfaatnya. Dibalik semua itu tumbuhan ini mempunyai khasiat yang terkandung di dalamnya untuk kita manfaatkan terutama untuk mencegah dan sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit yang sering mengganggu kesehatan tubuh kita. Maka dari itu saya akan jelaskan khasiat yang terkandung dalam tumbuhan cendana ini lengkap dengan cara penggunaannya di bawah ini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Cendana memiliki aroma yang harum. Beberapa bahan kimia yang terkandung oleh cendana, diantaranya minyak terbang. Efek farmokologis cendana diantaranya anti radang, anti disentri, dan emenagogum.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian kayu, kulit, dan minyak dapat dimanfaatkan untuk mengbati beberapa penyakit sebagia berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Radang usus

Tumbuk kulit kayu cendana secukupnya sampai menjadi serbuk.Ambil 1 sendok teh serbuk kayu cendana lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas.Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Berak darah dan gangguan pencernaan pada anak

Tumbuk kayu kulit cendana secukupnya sampai menjadi serbuk. Ambil 1 sendok teh serbuk kayu cendana, 1 sendok teh parutan buah pala lalaki (Myritica Fatua Houtt). Rebus semua bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas.Setelah dingin,saring,lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Itulah khasiat tumbuhan cendana bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti d atas agar kita selalu waspada dengan penyakit yang tidak tahu kapan akan menyerang tubuh kita maka dari itu kita harus mencegahnya dengan melakukan atau minum jamu tradisional alami ini sahabat.
SeeCloseComments