-->

Manfaat Khasiat Kemanggi Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Ocimum basilicum Linn.fa.cilratum.
Nama daerah : kemanggi (jawa) kemanghi (Madura)


Khasiat Kemanggi
Tumbuhan kemangi (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Tumbuhan kemanggi memiliki rasa agak manis, bersifat dingin, berbau harum, dan menyegarkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada seluruh bagian tanaman kemangi,diantaranya 1,8 sineol, anethol; apigenin; dan boron. Sementara pada daunnyaterkandung arginine,dan asam aspartat.

Efek farmokologis yang dimilki seluruh bagian tanaman kemangi, diantaranya menghilangkan bau badan dan bau mulut, anastesi, membantu mengatasi ejakulasi premature, anti-kholinesterase, merangsang aktivitas saraf, selain itu daunnya bermanfaat untuk memperkuat daya tahan hidup seperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepathis, diuretic, merangsang saraf, dan analeptic.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Akar daun dan biji dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bau badan dan bau keringat

Tumbuk halus daun,biji dan akar kemangi secukupnnya,lalu eduh dengan air panas sebanyak 1 gelas. Saring air seduhan,lalu tambahkan gula aren secukupnya, minum air seduhan pada pagi dan malam hari.

Bau mulut dan badan lesu

Daun kemangi di makan langsung sebagai lalap.

Ejakulasi premature, peluruh gas perut, peluruh haid, peluruh asi, panas dalam dan sariawan

Rebus daun kemanggi segar atou kering sebanyak 15 g dengan 2 gelas air selama 15 menit.minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Demikian penjelasan yang saya sampaikan tentang khasiat kemanggi bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati penyakit seperti di atas yang membahayakan kesehatan kita maka dari itu saya jelaskan lengkap dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments