-->

Manfaat Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Citrus aurantifolia [christim .& panz]. Swingle.
Nama daerah : lemau nipis (melayu); jeruk nipis (jawa); jeruk alit kaputungan, lema (bali), dongaceta (bima); mudutelong(flores); mudak enelo (solor); delo-makil (pulou roti); jeru (pulou sawu); lemo ape, lemo kapasa (bugis); usinepese (ambon).
Nama asing : acid lime, sour lime (inggris); limmece, limah (arab); zhi qiao (Cina).
Khasiat Jeruk Nipis
Gambar jeruk nipis (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Buah jeruk nipis memiliki rasa pahit, asam, dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis.antara lain asam sirat, sebanyak 7-7,6%, dammar lemak; mineral; vitamin B1; minyak terbang; sitrat limonene, dan linalil asetat. Selain itu jeruk nipisjuga mengandung vitamin Csebanyak 27mg/100g jeruk.ca sebanyak 40mg/100 g jeruk nipis, dan P sebanyak 22 mg. Sementara efek farmokologis yang di miliki jeruk nipis diantaranya anti demam, mengurangi batuk, anti-inflamasi, dan anti bakteri.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Buah,segar akar,daun,bunga dan getah batang daun jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Batuk dan demam

Cuci bersih 1 rimpang temulawak,potong tipis-tipis,lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih.Saring,tambahkan air perasaan dan ¼ potong butir jeruk dan 2 sendok makan madu.minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Kepala pusing

Cuci bersih 7 helai daun nipis segar lalu tumbuk sampai halus.Tambahkan ked lam hasil tumbukan 1 sendok makan air perasaan jeruk nipis,aduk sampai rata gunakan campuran bahan ini untuk menggosok tengkuk,dahi,dsan pelipis.ulangi 2-3 kali sehari dengan cara yang sama.

Menghilangkan keriput pada wajah

Peras 1 butir jeruk nipis,Tambahkan 1 sendok the minyak kayu putih dan ¼ sendok makan kapur sirih.Aduk sampai rata lalu balurkan pada wajah setiap malam.

Pelangsing

Peras 1 butir jeruk nipis lalu seduh dengan 1 gelas air panas bersama the hijou secukupnya,minum ramuan setiap pagi dan sore dengan cara yang sama.

Sakit tenggorokan

Tusuk sepotong jeruk nipis dengan tusuk sate.bubuhkan kecap keatas potongan,buah tadi,lalu panaskan di atas api selama 1 menit.peras jeruknya lalu minum airn perasannya sekaligus.Lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

Tenggorokan banyak lendir

Peras 2 butir jeruk nipis,lalu seduh dengan ½ cangkir air panas.Tambahkan sedikit garam,aduk,lalu minum saat hangat sebelum sarapan.

Itulah yang saya jelaskan tentang khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai penyakit serta bisa buat kecantikan terutama untuk kulit dan bisa juga sebagai pelangsing badan.
SeeCloseComments