-->

Manfaat Khasiat Bunga Kenop Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Gompherena globosa L.
Nama daerah : bunga knop (Melayu); bunga kancing, kembang gundul (Jawa)
Nama asing : kenop flower (inggris), qian ri hong (Cina).


Khasiat Bunga Kenop
Gambar bunga kenop (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Farmokologi cina menyebutkan bahwa bunga kenop memiliki rasa manis dan netral. Bunga kenop juga memiliki kandungan kimia yang khas, yaitu gomphresin 1, 11, 111, V, dan V1. Efek Farmokologis bunga kenop, diantaranya antibatuk, antiasma, dan anti radang mata.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga atoun seluruh bagian tumbuhan, baik dalam kondisi segar atou dikeringkan. Dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

1. Asma (asthumabronchial)
Cuci bersih 10 kuntum bunga kenop segar dan 10 g jahe lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya sekaligus 1 gelas sehari.

2. Buang air kecil tidak lancer
Cuci bersih 10 g kenop segar dan 30 g rambut jagung (Zea mays) lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring lalu minum secara rutin 1 gelas sehari.

3. Bronkhitis kronis
Cuci bersih 10 bunga kentum bunga kenop, 15 g kaktus (Opuntia duleni [Ker Gawl.]Haw), yang telah dikupas kulitnya, dan 10 g jahe. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air bersama gula batu secukupnya. Setelah tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya Lalu minum sekaligus saat hangat. Lakukan secara rutin 1 gelas sehari.

4. Disentri
Cuci bersih 10 kuntum bunga kenop dan 30 g patikan kebo (Euporbia hirta L.). Lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring, lalu dinginkan, Minum sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

5. Panas dalam pada anak
Cuci bersih 10 kuntum bunga kenop, 15 g temulawak,dan 75 g buah jail yang telah di rendam. Rebus semua bahan-bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1, 5 gelas. Saring air rebusannya, bagi menjadi 3 bagian. Minum bersama 1 sendok makan madu 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian, sedangkan jalilnya dapat dimakan.

Itulah sahabat semua yang saya jelaskan tentang khasiat bunga kenop bagi kesehatan tubuh yang sudah terbukti bermanfaat sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti di atas dan lengkap dengan cara penggunaannya sudah saya uraikan.
SeeCloseComments