-->

Manfaat Khasiat Daun Trengguli Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan trengguli ini adalah cassia fistulla linn. Buah ini banyak orang yang tidak tahu karena dengan namanya saja udah aneh dan tidak terlalu seperti buah-buahan yang sering kita konsumsi dan di beli di pasar atan supermarket. Dibalik tersembunya buah ini yang tidak diketahui banyak orang bagi sebagian banyak yang meneliti tentang buah ini ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita terutama untuk mencegah berbagai jenis macam penyakit.

Khasiat Tumbuhan Trengguli
Gambar tumbuhan trengguli (sumber : google.com)
Buah Trengguli kaya akan kandungan kimia seperti saponin, tanin, gom, gula, hidroksimetil, oxymetil-anthraquinon, asam hidrosianik, asam sitrat, dan pektin. Sementara itu, kulitnya mengandung zat samak. Anggota famili leguminosae itu bersifat rasa manis, astringen, pencahar (purgatif), dan penurun demam (febrifuge). Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya adalah bagian akar, kulit, daun, bunga, biji, dan empulur buah dapat digunakan sebagai obat penyakit seperti di bawah ini.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Koreng dan borok

Cuci bersih akar trengguli secukupnya. Tumbuk halus akar, lalu tambahkan sedikit air dan aduk hingga jadi seperti adonan. Balurkan ramuan pada bagian tubuh yang terkena koreng, borok, atau eksim. Lakukan pengobatan ini sehari 2 kali sampai 3 kali sehari.

Urat syaraf lemah dan lelah

Cuci bersih 60 g daging buah trengguli. Rebus buah tersebut dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Dinginkan, lalu saring air rebusan. Minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama masing-masing 1 gelas.

Darah tinggi

Cuci bersih 30 g daging buah trengguli, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan ½ cangkir air panas, lalu tambahkan 4 sendok makan madu. Minum ramuan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Meningkatkan stamina

Cuci bersih 60 g daging buah trengguli. Rebus dalam 5 gelas air hingga mendidih. Minum ramuan 1 gelas setiap 2 hari sekali bersama satu sendok makan madu agar tidak terlalu tersa pahit saat diminum.


Demikian penjelasan tentang khasiat tumbuhan trengguli bagi kesehatan yang mampu mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sering mengganggu kesehatan tubuh kita gunakanlah ramuan ini di rumah dengan aturan yang baik dan benar seperti cara penggunaannya di atas ya sahabat.
SeeCloseComments