-->

Manfaat Khasiat Tumbuhan Garut untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah dari tumbuhan garut adalah Maranta arundinacea L. Tumbuhan garut menyimpan kandungan dan manfaat yang tidak diketahui oleh semua orang bahkan masih ada yang belum tau sebagian orang. tumbuhan garut ini sekilas seperti nama kota di jawa barat yaitu kota Garut, tetapi garut ini adalah tumbuhan obat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Tumbuhan Garut
Gambar tumbuhan garut (sumber : google.co.id)

Tumbuhan garut ini memiliki rasa manis dan bersifat menguatkan (tonik). Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan garut, di antaranya flavonoid, dan saponin. Efek farmakologis garut, di antaranya anti-radang dan meningkatkan nafsu makan. Umbi garut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Diare

Cuci bersih 50 g bubuk umbi garut dan 10-20 g daun jambu biji (psidium guajava L.). rebus semua bahan dengan 1,5 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur.Pisahkan daun jambu lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

Disentri

Cuci bersih 25 g umbi garut dan 15 g patikan kebo lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 2 kali sehari.

Keputihan

Cuci bersih 100 g bubuk umbi garut dan 30 g kulit delima kering (punica granatun L.). Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan kulit delima lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

Menambah Nafsu Makan dan Kekurangan Asam Lambung

Tumbuk 80 g umbi garut kering sampai menjadi bubuk. Rebus hasil tumbukan tadi bersama asam jawa secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

nah itulah tentang penjelasan tentang manfaat tumbuhan garut untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui sebagai obat tradisional yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit yang sangat merugikan kita agar selalu hidu sehat lakukan pencegahan dengan cara tradisional alami.
SeeCloseComments