-->

Manfaat Khasiat Daun Pulutan Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Urena lobata L.
Nama daerah : pulutan, pulutan kebo, legetan (jawa); pulutan sapi, pulut-pultu, pulutan (Melayu); pungpulutan awewe, pungpurutan (sunda).
Nama asing : di tao hua (Cina).

Khasiat Daun Pulutan
Gambar daun pulutan tips kesehatan

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Pulutan mempunyai rasa manis, tawar, dan bersifat sejuk. Bahan kimia yang terkandung dalam batang dan daun pulutan diantaranya zat lender, sedangkan bijinya mengandung lemak 3-14%. Efek farmokologis pulutan, diantanya sebagai penurun panas, anti radang dan anti rematik.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Akar atau seluruh tumbuhan pulutan segar atou kering dapat di gunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bengkak karutan nephritis


Rebus 24 g daun pulutan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Disentri, diare, keputihan, kencing keruh, nyeri perut, demam, rematik dan gondok.

Rebus 30-60 g akar pulutan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Influenza

Rebus 24 g daun pulutan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

Luka, koreng berdarah, dan bisu

Tumbuk halus bunga pulutan atou daun pulutan. Tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

Peluruh dahak

Cuci bersih 3 g daun pulutan segar, lalu tumbuk ¼ g garam. Kunyah sampai rata, telan airnya, dan buang ampasnya. Lakukan 3 kali sehari.

Berbagai macam jenis penyakit di dunia itu semuanya pasti ada aja obatnya jangan takut seperti biasanya kali ini saya akan sudah menjelaskan di atas tentang khasiat daun pulutan untuk kesehatan yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti yang saya jelaskan lengkap dengan cara pnggunaannya di atas.
SeeCloseComments