-->

Manfaat Khasiat Bunga Nagasari Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Messua ferra L.
Nama daerah : nagasari gede (Sunda); nagasari (jawa); penaga lilin, penaga putih, penaga suga (melayu).
Nama asing : -

Khasiat Bunga Nagasari
bunga nagasari
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam biji nagasari, diantaranya saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, flavonoid, dan tannin. Kulit batangnya mengandung saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, flavonoid, dan tannin. Benang sarinya mengandung minyak terbang, zat samak dan zat pahit. Sementara itu daunnya mengandung saponin, minyak lemak, saponin, asam dammar beracun, zat pahit dan polifenol.

Efek farmokologis nagasari diantaranya antipiretik, anti-inflamasi, dan anti bakteri. Bunganya untuk diare, ekspektoran, dan penyakit jiwa. Biji nagasari untuk mengobati eksim, rematik dan klenjar gondok, Sedang benang sarinya digunkan untuk demam.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Biji, kulit batang, bunga, dan daun nagasari dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Obat kencing

Bersihkan 20 g biji nagasari kering, lalu bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus biji yang telah dibakar, tambahkan air sampai lembek, lalu tempelkan pada tubuh yang sakit dan balut dengan kain bersih.

Diare, ekspektoran, dan penyakit jiwa

Cuci 7 tangkai bunga nagasari, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Eksim dan rematik

Bersihkan 20 g biji nagasari kering, lalu bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus biji yang telah dibakar, tambahkan air sampai lembek, lalu tempelkan pada tubuh yang sakit dan balut dengan kain bersih.

Kelenjar gondok

Tumbuk halus 20 g biji nagasari, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang membengkak.

Seperti biasa kali ini saya menjelaskan tentang khasiat bunga nagasari untuk kesehatan yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan kita maka dari itu saya jelaskan di atas yang lengkap dengan cara penggunaannya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments