Wednesday, October 12, 2016

Khasiat Tumbuhan Paku Simpai Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Cibatium barametz (L.) J.Sm.
Nama daerah : paku simapi (sumbar); bar jambe, bulu jambe (Madura); jampi (bali).
Nama asing : golden moss, Scythian lamb (inggris); gou ji (cina).

Khasiat Paku Simpai
tumbuhan paku simpai tips kesehatan
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Paku simpai memiliki rasa pahit, manis dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam paku simpai, diantaranya alkaloid, escentia ; oil, vitamin E, aspidinol, kanji dan tannin. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian hati dan ginjal. Efek farmokologis simpai,diantaranya antirematik serta menguatkan tulang punggung dan lutut.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Rimpang ,akar dan rambut-rambut yang melapisi paku simpai dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Pendarahan pada bisul dan luka

Tumbuk rambut batang paku simpai yang berwarna kuning secukupnya, lalu bubuhkan pada bagian yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Rasa baal di tangan dan kaki, banyak kencing, keluar sperma, serta keputihan

Cuci bersih 13 g rimpang paku simapai. Potong tipis-tipis, lalu rendam dalam ½ cangkir anggur selama 1 jam. Minum air rendaman sekaligus 1 kali sehari.

Sakit pinggang (lumbago), tulang nyeri akibat flu, rematik dan keseleo

Rebus 13 g rimpang paku simpai dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Demikian penjelasan tentang khasiat paku simpai untuk kesehatan terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sudah saya jelaskan tentang tata cara penggunaannya ya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tumbuhan Paku Simpai Untuk Kesehatan Tubuh