-->

Khasiat Kayu Manis Cina Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Cinnamomun cassia Persl.
Nama daerah : Kayu manis cina
Nama asing : Chinese kaneel, Chinese cinnamomum, bastard cinnamomum (inggris); rou gui (cina).


Khasiat Kayu Manis Cina
Gambar kayu manis cina (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Kulit kayu cina manis memiliki rasa pedas dan manis, sedikit beracun (toksik), serta bersifat panas. Ranting mudanya memiliki rasa pedas dan manis serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kulit kayu manis, diantaranya cinnamic aldehyde, cinnamy acetate, cinnzcylanol cinnzcylanine, phenyproply acetate, tannin, dan saffroll. Sementara buah mentahnya mengandung cinnamic aldehdyde. Bahan kimia pada kulit kayu manis cina masuk ke meridian ginjal, limpa dan kandungan kemih. Sementara itu bahan kimia pada ranting mudahnya masuk ke meridian kandung kemih, jantung dan pru-paru.

Efek farmokkologis yang dimiliki kulit kayu manis cina,diantaranya adalah menguatkan “yang”, menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaraan darah, menghilangkan sakit, menambah hawa nafsu makan (stomakik)dan meluruhkan kentut (carminative). Sementara itu bagian ranting muda mempunyai efek farmokologis sebagai peluruh keringat (diaphoretic), mengendurkan otot (muscle relaxant), menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian, serta melancarkan pernapasaan.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Kulit batang dan akar kayu manis cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Diare,gangguan pencernaan,dan radang lambung (gastiritis)

Seduh 1,5 g bubuk kulit kayu manis cina dengan 1 cangkir air panas untuk sekali pemakaian.Minum air seduhan sebanyak 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Jantung koroner dan yeri dada

Tumbuk halus 3 g kulit kayu manis cina ,dan 13 g daun dewa (gynura segetum Lour),lalu sedih dengan 1 cangkir air panas.Minum air seduhannya sekaligus selagi hangat,lakukan 1 kali sehari.

Catatan :


  • Tumbuhan kayu manis cina sedikit beracun.Wanita hamil,penderita demam,yin lemah,yang kuat,dan penyakit pendarahan di larang meminum ramuan tumbuhan ini.
  • Kulit kayu dan ranting di jemur untuk penyimpanan.
Itulah rincian dan penjelasan tentang khasiat kayu manis cina bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti dia atas yang saya sudah jelaskan lengkap dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments