-->

Manfaat Khasiat Daun Turi Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Sesbania grandiflora. Kulit batang turi mengandung tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, kalsium oksalat, sulfur, peroksida, zat warna. Saponin, tanin, glikosida, peroksida, vitamin A, dan vitamin B terdapat pada daun. Sementara itu, bunganya kaya akan kalsium, zat besi, galu, vitamin A, dan vitamin B.


Khasiat Daun Turi
Gambar daun turi (sumber : google.com)


Bunga anggota famili Papiliaonaceae itu berguna sebagai pelembut kulit, pencahar, dan penyejuk. Khasiat kulit batang mengurangi penurun panas (antipiretik), pencahar, pengelat (astringen), perangsang muntah, tonik. Sementara daun berfaedah untuk mencairkan gumpalan darah, menghilangkan sakit, pencahar ringan, dan peluruh kencing (diuretik). Daun, kulit batang, akar, dan bunga untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit seperti dibawah ini.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Demam nifas setelah melahirkan

Cuci bersih 1/3 genggam daun turi segar, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan ¾ cangkir air panas dan tambahkan sedikit garam. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sekaligus.

Disentri dan berak berdarah

Cuci bersih kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari. Rebus kulit batang tersebut dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sekaligus dan lakukan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Keputihan

Cuci bersih segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari, lalu giling halus. Seduh hasil gilingan dengan ¾ cangkir air panas, lalu peras. Saring ramuan, lalu minum 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Kuku jari bengkak karena terpukul atau terantuk

Cuci bersih daun secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air kedalam hasil tumbukan, lalu aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan diatas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, lalu balut dengan kain. Lakukan pengobatan sehari 3 kali dengan cara yang sama agar darah yang membeku di bawah kuku menghilang.

Hidung berlendir dan sakit kepala

Cuci bersih segenggam daun dan bunga turi segar, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan ½ cangkir air panas dan tambahkan sedikit garam. Peras air seduhan, lalu saring. Minum ramuan sekaligus. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Radang tenggorokan

Cuci bersih segenggam daun turi merah. Rebus daun dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring ramuan. Gunakan air ramuan untuk kumur-kumur. Lakukan pengobatan 4 kali sehari.


Demikian penjelasan artikel tentang khasiat daun turi bagi kesehatan tubuh yang terbukti mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas dan jagalah kesehatan anda sebeum mengobati cegah dulu penyakit dengan mengkonsumsi obat tradisional alami.
SeeCloseComments