-->

Manfaat Khasiat Tumbuhan Jali Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan jali adalah Coix lachryma – jobi L. Tumbuhan jali ini sangat akan manfaat dan khasiatnya untuk tubuh kita terutama mengobati berbagai penyakit dengan cara tradisional alami, tetapi tidak kalah dengan obat yang di julan di pasar, warung, dan apotek. Tumbuhan jali ini yang sering di gunakannya adalah akarnya karena memiliki rasa manis, tawar, dan bersifat sedikit dingin, serta masuk meridian limpa. Biji jali memiliki rasa manis, tawar, dan bersifat sedikit dingin, serta masuk meridian limpa, paru, dan ginjal.

Manfaat Tumbuhan Jali
Gambar tumbuhan jali (sumber : google.co.id)

Bahan kimia yang terkandung dalam buah jali, antar lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin B1. Biji jali mengandung asam amino, coixol, coicin, coixenolide. Sementara itu, daun biji mengandung alkaloid dan akarnya mengandung asam palmitat, asam stearat stigmasterol, potassium chlorida, glukosa, tajin, coixol, vitamin B1, serta phytin. Efek farmakologis tumbuhan jali, di antaranya penguat limpa, peluruh kencing, anti–radang, mematikan serangga, anti-toksin, peningkat daya tahan tubuh (imunitas), menghilangkan lembap, mengeluarkan nanah, dan menyembuhkan bisul. Selain itu, biji jali juga dapat menghambat sel kanker pada tingkat metafase.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Air Kencing Sedikit karena Infeksi dan Penyumbatan Batu di Saluran Kencing, serta Kencing Bernanah

Cuci bersih 30 g akar jali kering lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Beri-Beri

Cuci bersih 25 g akar jali kering lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Kanker Lambung, Kanker Paru, dan Kanker Mulut Rahim

Cuci bersih 15-60 g biji jali kering lalu rebus dengan 6 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Radang Par-Paru, Demam, dan Batuk Sesak

Cuci bersih 10-15 g akar jali kering lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya bersama 1 sendok makan madu 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Rematik

Cuci bersih 50 g biji jali kering lalu rebus dengan 6 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Sakit Kuning

Cuci bersih 30 g akar jali kering lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Demikian penjelasan dan cara penggunaan tentang manfaat tumbuhan jali bagi kesehatan tubuh yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti yang di jelaskan di atas dengan cara tradisional agar selalu hidup sehat secara alami.
SeeCloseComments