-->

Manfaat Khasiat Rimpang Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah dari tumbuhan jahe ini adalah Zingiber officinale Rosc. Tumbuhan jahe sering kita temukan di halaman-halaman rumah setiap orang bahkan hampir semua rumah menanam tumbuhan jahe ini sebagai pelengkap buat masak yang memerlukan jahe tersebut. Jahe ini sangat banyak akan manfaat dan khasiat yang tidak kita ketahui, tetapi sebagian orang yang tau manfaatnya sering dijadikan obat tradisional alami untuk mengobati berbagai penyakit.


Manfaat Rimpang Jahe
Gambar jahe (sumber : google.co.id)

Tumbuhan jahe mempunyai bau aromatik, rasa pedas, hangat, dan tidak beracun. Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri atas n-nonyladehide, d-canphene, d-B-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lanalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe mengandung resin tepung kanji dan serat. Efek farmakologis tumbuhan jahe, di antaranya menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolestrol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsanya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe. Rimpang adalah bagian tanaman jahe yang sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit. berikut beberapa penyakit yang bisa disembuhkan tanaman jahe.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Rematik

Siapkan 1 atau 2 buah rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara, kemudian tumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.

Sesak Napas (asma)

Ambil 10 gram jahe, 10 kuntum bunga knop (Gomphrena globusa L), tambahkan 2 gelas air dan rebus hingga tersisa 1 gelas, saring airnya dan minum air saringannya sekaligus saat masih hangat.

Eksim

Parutlah lobak, lalu campurkan dengan air jahe. Air jahe dapat diperoleh dengan cara rimpang jahe diparut, lalu diperas. Oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit yang terkena eksim. Biasanya dalam waktu 2 minggu saja penyakit sudah berkurang.

Saraf Muka yang Sakit

bahan ramuan terdiri atas campuran kentang, tepung terigu, dan jahe. caranya adalah kentang diparut, lalu ditambahkan tepung terigu dan bubuk jahe. Setelah itu, ramuan ditambahkan sedikit air hangat. Ramuan ditempelkan pada bagian muka yang sakit. Pengoabatan dilakukan hingga penyakitnya sembuh.

Demikian penjelasan tentang manfaat rimpang jahe untuk kesehatan tubuh yang berguna mengobati berbagai penyakit seperti di atas dengan cara tradisional alami agar kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita dari penyakit. Selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat buat anda semua.
SeeCloseComments