-->

Manfaat Daun Remek Daging Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah dari remek daging adalah Hemigraphis colorata Hall F. Kandungan kimia dan efek farmakologis remek daging mengandung beragam senyawa kimia seperti natrium, kalsium, flavonoid, dan polifenol. Batang tanaman mengandung saponin dan tanin. Sementara tanin, asam silikat, dan glikosida terdapat di daunnya.


Manfaat Daun Remek Daging

Efek farmakologis remek daging berupa rasa kelat, astringen, antidiare, diuretik, dan mengumpulkan darah pada luka. Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya adalah daun dan seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara penggunaannya :

Diare dan Disentri
Ambil 7 helai daun remek daging, lalu cuci bersih. Rebus dalam 1 gelas air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring rebusannya dan minum. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari.

Batu Ginjal
Cuci bersih 27 g daun remek daging, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih selama 30 menit. Hasil rebusannya disaring ketika dingin dan minum. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.

Sakit Kulit
Cuci daun remek daging secukupnya, lalu rebus dalam 3 liter air bersih hingga mendidih. Hasil rebusannya dicampur dengan air bersih di bak. Campuran air itu digunakan untuk mandi.

Luka
Untuk obat luar, ambil 7-9 duan sambang darah dan cuci bersih. Kemudian, lumatkan daun-daun itu dengan cara ditumbuk. Oleskan daun tersebut pada atas bagian yang luka.

Demikian penjelasan dari manfaat daun remek daging untuk kesehatan sebagai obat tradisional alami yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti diatas agar selalu hidup sehat secara tradisional.
SeeCloseComments